1001 Super - RumahkayuPublishing

728x90 AdSpace

Trending
Powered by Blogger.

Instagram

Popular Posts

Featured

Total Pageviews

Culture

Find Us On Facebook

Advertise

Flickr

Recent comments

Novel

Beauty

Column Right

About me

Contact Form

Beauty

PROMO

PROMO

Follow Us on Facebook

Sponsor Advertisement

Pages

Video

Most Popular

Welcome To SoraBook

Friday, April 18, 2014

1001 Super

Apa arti branding bagi sebuah usaha? Seberapa penting branding mempengaruhi usaha anda? Kalau branding tidak ada apa yang terjadi dengan usaha anda? Apa yang membuat branding anda unggul dari branding orang lain? Seberapa besar branding anda memberi pengaruh kepada konsumen anda? Bagaimana pula dengan usaha kecil, apakah branding begitu penting baginya?
Saya ingin memaparkan kepada anda tentang konsep branding rumahmakan Padang. Kalau anda berjalan-jalan ke Padang kemudian perut anda lapar, anda ingin menanyakan rumah masakan Padang, apa yang anda lakukan? Pastinya anda akan bertanya di mana letak rumahmakan Padang.
Orang-orang akan menunjukkan kepada anda rumah makan “Sederhana”, “Lamun Ombak”, “Mama”, “Padi Rimbun”, “Pondok Baselo”, “Patai”. Kalau anda pergi ke daerah Jawa dan anda merasakan perut yang sangat lapar, kemudian bertanya rumahmakan Padang, maka anda akan dihadapkan dengan tulisan “Rumahmakan Padang”. Rata-rata yang anda temukan adalah tulisan “Rumahmakan Padang?”
Orang-orang mengenal rumahmakan Padang di setiap sudut negeri ini. Saya pergi ke Purwokerto, di sana jarak lima ratus meter ada rumahmakan Padang. Sungguh unik.
Apa yang membedakan antara kedua Rumahmakan ini. Ya, perbedaanya terletak pada branding atau merek. Mereka sama-sama menggunakan nama, sama-sama dipasang. Persoalannya ada yang memang populer dan ada yang memang tidak terkenal, tidak dikunjungi oleh konsumen.
Branding adalah merek. Merek yang dipakai oleh produsen untuk mematenkan nama toko, kedai, barang dagangan. Pedagang konvensional rata-rata tidak begitu peduli dengan branding. Asal sudah ada nama, itu sudah cukup. Bagi mereka yang penting barang dagangan terjual dan mendapatkan uang yang banyak. Perkembangan ke depan mereka pakai filosofi ibarat air mengalir, dia akan terus juga mengalir. Pertumbuhannya akan tetap bagus. Waktu yang digunakan untuk mencapai yang lebih besar itu yang menjadi persoalan. Terkadang waktu tidak berimbang dengan proses yang dialami.
Pedagang modern mereka lebih memerhatikan konsep branding. Barang dagangan yang sama menjamur di sepanjang ibukota. Sebab itu mereka harus pandai mengatur siasat. Bagaimana konsumen melirik barang mereka. Salah satu yang mereka pergunakan daya tarik branding. Kenyataannya daya tarik branding mampu menggaet konsumen untuk melirik produk mereka.
Sebagai contoh dalam distro. Padang dikenal dengan distronya “tangkelek”, “sembalakon”. Dua distro ini terkenal di Padang, padahal distro-distro di Padang sangat banyak. Secara kualitas produk, distro-distro ini merata, bahkan harga pun terkadang lebih tinggi. Distro dengan produk yang sama, jenis kain yang sama, dengan harga barang yang sama, namun hasil penjualan distro berbeda-beda, ada yang tinggi ada yang rendah. Hal ini tentu saja menjadi masalah.
Branding membantu menyelesaikan masalah para pemilik usaha. Tangkelek dikenal dengan brandingnya yang unik, mengambil ikon Minang. Kalau membeli pakaian di distro tangkelek, anda akan menemukan branding mereka yang unik. Sehingga keunikan ini menjadi daya tarik pembeli. Begitu juga dengan sembalakon. Sembalakon mampu menjadi salah satu distro yang paling diminati yang terletak di Gunung Pangilu. Tangkelek terletak di ulak karang. Branding yang lainnya yang juga tidak asing lagi bagi kita “Sepak Tekong”. Sebenarnya Sepak Tekong, Tangkelek, itu diambil dari penamaan-penamaan lokal. Tangkelek itu nama dari sandal dari kayu, Sepak Tekong ikon ada permainan anak-anak. Kedua ikon itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemain bisnis lokal.[]

1001 Super Reviewed by Alizar tanjung on 8:11 AM Rating: 5 Apa arti branding bagi sebuah usaha? Seberapa penting branding mempengaruhi usaha anda? Kalau branding tidak ada apa yang terjadi dengan us...

No comments: